Translate

Minggu, Juni 20, 2010

Kisah Indonesia di Piala Dunia 03

Menunggu waktu ke Prancis, selama 17 hari tim asuhan Johannes van Mastenbroek itu berlatih tanding dengan sejumlah klub Belanda. Mereka juga dapat tips dari bondscoach Oranje, Bob Glenndening.
Jejak persiapan itu bisa kita baca di surat kabar Sin Po, yang rajin melaporkan perjalanan tim Hindia Belanda ke Prancis. Koran Melayu Tionghoa itu kerap menyebut Tim NIVU dengan "Tim Indonesia”.
Sin Po edisi 26 Mei 1938 memberitakan van Bommel dari NIVU telah menghadap Menteri Urusan Tanah Jajahan yang akan menerima Tim Indonesia pada 31 Mei.
Pada edisi 27 Mei 1938, Sin Po melaporkan hasil pertandingan Indonesia melawan HBS, skor 2-2. Mo Heng dikabarkan cedera sehingga diragukan bisa tampil di Prancis, seperti ditulis pada koran itu edisi 28 Mei 19938.
Ada juga laporan Tim Indonesia menyaksikan pertandingan Liga Belanda antara Heracles melawan Feyenoord. Sin Po 2 Juni 1938 mewartakan, Indonesia menang atas klub Haarlem dengan skor 5-3.
Di Prancis, tim Hindia Belanda itu berhadapan dengan Hongaria. Dipimpin oleh Gyorgi Sarosi, Hongaria tampak menang secara fisik. Mereka lebih tinggi dan besar dibanding tim Hindia Belanda.
Dalam soal fisik ini, ada komentar dari Walikota Hongaria. “Saya seperti melihat 22 atlet Hongaria dikerubungi oleh 11 kurcaci”, ujarnya seperti dikutip Asep Ginanjar dan Agung Harsya dalam buku “100 Fakta Unik Piala Dunia” terbitan Serambi (2010).
Meski secara strategi menang, tapi Tim Hindia Belanda tak bisa berbuat banyak. Pada menit ke-13, jala di gawang Mo Heng bergetar oleh tembakan penyerang Hongaria Vilmos Kohut. Lalu hujan gol berlangsung di menit ke-15, 28, dan 35. Babak pertama berakhir 4-0.
Nasib Tim Hindia Belanda tamat pada babak kedua, dengan skor akhir 0-6. Pada saat itu Piala Dunia memakai sistem knock-out. Yang kalah kontan tersingkir.
Meskipun begitu, pada edisi 7 Juni 1938, Sin Po tetap menampilkan kepala berita yang heroik: “Indonesia-Hongarije 0-6, Kalah Sasoedahnja Kasi Perlawanan Gagah”.
Tim Hindia Belanda di Piala Dunia 1938
Pelatih:
Johannes Mastenbroek
Pemain:
Bing Mo Heng (kiper)
Herman Zommers
Franz Meeng
Isaac Pattiwael
Frans Pede Hukom
Hans Taihattu
Pan Hong Tjien
Jack Sammuels
Suwarte Soedermandji
Anwar Sutan
Achmad Nawir (kapten).
Vivanews.com