Translate

Selasa, Agustus 17, 2010

Komodo Dan Pasola




Pulau Komodo terletak di wilayah Nusa Tenggara Timur. Demikian langkanya, reptil purba tersebut hingga gemanya tak hanya di seputar NTT. Komodo adalah hewan yang diangkat oleh Indonesia untukm dicalonkan sebagai salah satu 7 keajaiban baru dunia.
Pulau Komodo ada di perbatasan NTT dengan NTB. Jalur utama mengunjungi pulau ini terutama melalui Bandara Labuhanbajo, penerbangan dari Denpasar. setelah itu, perjalanan dilanjutkan dan menyewa perahu. Butuh waktu selama 2 jam untuk sampai ke Pulau Komodo.

Ongkos masuk ke Taman Nasional Komodo 15 USD untuk wiatawan asing dan Rp b 75 ribu untuk lokal. Komodo yang ada di pulau ini hidup liar. Karenanya, haruslah melapor dan ditemani pemandu merangkap petugas taman nasional Komodo untuk berkeliling. Wisatawan bisa melihat langsung kebuasan Komodo.

Karena bentuknya yang kepulauan, pariwasata di NTT cenderung beragam. Untuk wisata religi biasanya orang berkunjung ke Larantuka, salah satu kota penting bagi umat Kristiani di wialayah timur.

Sementara untuk wisata budaya, banyak orang memilih pergi ke sumba. Di sumba, ada suku yang punya reputasi sebagai pemburu ikan paus. Di Sumba juga ada tradisi Pasola, semacam duel menggunakan tombak dengan sembari mengendarai kuda ala duel bangsawan Inggris tempo dulu.
aci.detik.com

Baca Juga :