Translate

Jumat, Mei 26, 2017

Sidang Isbat, Hilal, dan Awal Puasa

Hari ini 26 Mei 2017, seperti biasa sepulang mencari nafkah masih sempat untuk menyaksikan siaran televisi, TV ONE menjadi pilihan kali ini, TV Berita yang Memang Beda taglinenya, dan Kabar Petang menjadi sajiannya dengan menu utama Menanti Konferensi Pers Penetapan Awal Puasa untuk Umat Islam di Indonesia.

Jumpa Pers Sidang Isbat #googlepicture
Untuk Muhammadiyah sudah sejak jauh hari menetapkan 27 Mei 2017 sebagai 1 Ramadhan 1438H, namun sudah menjadi acara rutin yang setiap tahunnya selalu dialakukan Umat Islam di Indonesia yaitu menanti Hasil Sidang Isbat.
Pengamatan Hilal #googlepicture
Di beberapa lokasi di Indonesia sudah ditempatkan petugas dari kementerian agama untuk memantau Hilal sebagai patokan untuk menentukan awal Ramadhan.

Yang menjadi pertanyaan masih perlukah? dan sampai kapan metode seperti ini akan terus dilakukan, karena dengan begini sampai kapanpun tidak pernah ada Kalender Tahun Hijriah.
Menariknya lagi penetapan ini hanya pada saat penentuan awal Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, mengapa 1 Muharram dan lainnya tidak dilakukan sidang? pertanyaan menarik. ada yang mau berbagi? silahkan berbagi di Kolom Komentar ya...
Selamat Menuaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438H Bagi Umat Islam Indonesia dan Dunia.